RPP Akidah Akhlak Kelas 10 Madrasah Aliyah (MA) Kurikulum 2013 Revisi 2017
RPP Akidah Akhlak Kelas 10 Madrasah Aliyah (MA) Kurikulum 2013 Revisi 2017 |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Sekolah : MA N/S
Mata Pelajaran : Aqidah Akhlak
Kelas/Semester : X/Ganjil
Tahun Pelajaran : 2018 /2019
Tema : Memahami Aqidah Islam
Alokasi Waktu : 4 x 45 Menit
A. Kompetensi Inti
KI - 1 Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
KI - 2 Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
KI - 3 Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
KI - 4 Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
B. Kompetensi Dasar
Kompetensi Dasar (KD)
1.1.Meyakini kesempurnaan akidah Islam
2.1 Memiliki akidah yang kukuh dalam kehidupan sehari-hari
3.1 Memahami akidah Islam dan metode peningkatan kualitasnya�.
4.1 Mempraktikkan metode-metode peningkatan kualitas iman/akidah Islam
dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
1.1.1 Menghayati kesempurnaan akidah Islam
2.1.1 Menjaga akidah yang kukuh dalam kehidupan sehari-hari
3.1.1. Menjelaskan pengertian akidah
3.1.2. Menyebutkan macam-macam dalil tentang akidah
3.1.3. Menjelaskan prinsip-prinsip Akidah Islam
3.1.4. Menjelaskan metode peningkatan kualitas akidah Islam
3.1.5. Mendiskripsikan tujuan akidah Islam
4.1.1 Menyajikan contoh metode peningkatan kualitas akidah Islam
RPP Fikih Kelas X Madrasah Aliyah Kurikulum 2013 Revisi 2017
C. Tujuan Pembelajaran
Setelah dan selama proses pemebelajaran peserta didik diharapkan mampu:
1. Meyakini kesempurnaan akidah Islam
2. Memiliki akidah yang kokoh dalam kehidupan sehari-hari
3. Menjelaskan pengertian akidah
4. Menyebutkan dalil-dalil yang berhubungan dengan akidah Islam
5. Menyebutkan kesempurnaan akidah Islam
6. Menjelaskan prinsip-prinsip akidah Islam
7. Menyebutkan metode-metode peningkatan kualitas iman/akidahislamiyah.
D. Materi Pembelajaran
1. Pengertian Akidah
Akidah berarti tali pengikat batin manusia dengan yang diyakininya sebagai
Tuhan yang Esa yang patut disembah dan Pencipta serta Pengatur alam
semesta ini.
2. Dalil / Argumentasi dalam Akidah
Dalam membahas akidah harus diajukan argumentasi yang benar yang
memadai disebut Dalil. Dalil dalam akidah ada dua yaitu:
a. Dalil Aqli.
b. Dalil Naqli (Wahyu Allah)
3. Tujuan Akidah Islam
a. Untuk mengikhlaskan niat dan ibadah kepada Allah satu-satunya.
b. Membebaskan akal dan pikiran dari kegelisahan dan keraguan.
c. Ketenangan jiwa dan pikiran, tidak cemas dalam jiwa.
d. Meluruskan tujuan dan perbuatan dari penyelewengan dalam beribadah
e. Bersungguh-sungguh dalam melakukan kebaikan
f. Meraih kebahagiaan dunia dan akhirat dan kebahagiaan jasmani dan rohani
4. Metode-metode peningkatan kualitas akidah
a. melalui pembiasaan dan keteladanan.
b. melalui pendidikan dan pengajaran
5. Prinsip-prinsip Akidah dalam Kehidupan
a. Pengakuan dan keyakinan bahwa Allah Swt.. adalah Esa.
b. Pengakuan bahwa para Nabi telah diangkat dengan Allah Swt.
c. Kepercayaan akan adanya hari kebangkitan.
d. Keyakinan bahwa Allah Swt.. adalah Maha Adil.
E. Metode Pembelajaran :
1. Pendekatan : Scientific Learning
2. Model Pembelajaran : Discovery Learning (Pembelajaran Penemuan)
3. Metode pembelajaran : Ceramah Diskusi, Tanya jawab, Penugasan
Silabus Akidah Akhlak Kelas X Madrasah Aliyah (MA) Kurikulum 2013 Revisi 2017
Silabus Fikih Kelas 10 MA Kurikulum 2013 Revisi 2017
Perangkat Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) Kelas 10 MA Kurikulum 2013
Perangkat Pembelajaran Bahasa Arab Kelas 10 MA Kurikulum 2013
F. Media, Alat dan bahan Pembelajaran :
1. Media LCD projector,
2. Laptop,
3. Bahan Tayang
Sekolah : MA N/S
Mata Pelajaran : Aqidah Akhlak
Kelas/Semester : X/Ganjil
Tahun Pelajaran : 2018 /2019
Tema : Memahami Aqidah Islam
Alokasi Waktu : 4 x 45 Menit
A. Kompetensi Inti
KI - 1 Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
KI - 2 Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
KI - 3 Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
KI - 4 Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
B. Kompetensi Dasar
Kompetensi Dasar (KD)
1.1.Meyakini kesempurnaan akidah Islam
2.1 Memiliki akidah yang kukuh dalam kehidupan sehari-hari
3.1 Memahami akidah Islam dan metode peningkatan kualitasnya�.
4.1 Mempraktikkan metode-metode peningkatan kualitas iman/akidah Islam
dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
1.1.1 Menghayati kesempurnaan akidah Islam
2.1.1 Menjaga akidah yang kukuh dalam kehidupan sehari-hari
3.1.1. Menjelaskan pengertian akidah
3.1.2. Menyebutkan macam-macam dalil tentang akidah
3.1.3. Menjelaskan prinsip-prinsip Akidah Islam
3.1.4. Menjelaskan metode peningkatan kualitas akidah Islam
3.1.5. Mendiskripsikan tujuan akidah Islam
4.1.1 Menyajikan contoh metode peningkatan kualitas akidah Islam
Baca Juga
RPP Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAI&BP) Kelas 10 SMA/MA Revisi 2017RPP Fikih Kelas X Madrasah Aliyah Kurikulum 2013 Revisi 2017
C. Tujuan Pembelajaran
Setelah dan selama proses pemebelajaran peserta didik diharapkan mampu:
1. Meyakini kesempurnaan akidah Islam
2. Memiliki akidah yang kokoh dalam kehidupan sehari-hari
3. Menjelaskan pengertian akidah
4. Menyebutkan dalil-dalil yang berhubungan dengan akidah Islam
5. Menyebutkan kesempurnaan akidah Islam
6. Menjelaskan prinsip-prinsip akidah Islam
7. Menyebutkan metode-metode peningkatan kualitas iman/akidahislamiyah.
D. Materi Pembelajaran
1. Pengertian Akidah
Akidah berarti tali pengikat batin manusia dengan yang diyakininya sebagai
Tuhan yang Esa yang patut disembah dan Pencipta serta Pengatur alam
semesta ini.
2. Dalil / Argumentasi dalam Akidah
Dalam membahas akidah harus diajukan argumentasi yang benar yang
memadai disebut Dalil. Dalil dalam akidah ada dua yaitu:
a. Dalil Aqli.
b. Dalil Naqli (Wahyu Allah)
3. Tujuan Akidah Islam
a. Untuk mengikhlaskan niat dan ibadah kepada Allah satu-satunya.
b. Membebaskan akal dan pikiran dari kegelisahan dan keraguan.
c. Ketenangan jiwa dan pikiran, tidak cemas dalam jiwa.
d. Meluruskan tujuan dan perbuatan dari penyelewengan dalam beribadah
e. Bersungguh-sungguh dalam melakukan kebaikan
f. Meraih kebahagiaan dunia dan akhirat dan kebahagiaan jasmani dan rohani
4. Metode-metode peningkatan kualitas akidah
a. melalui pembiasaan dan keteladanan.
b. melalui pendidikan dan pengajaran
5. Prinsip-prinsip Akidah dalam Kehidupan
a. Pengakuan dan keyakinan bahwa Allah Swt.. adalah Esa.
b. Pengakuan bahwa para Nabi telah diangkat dengan Allah Swt.
c. Kepercayaan akan adanya hari kebangkitan.
d. Keyakinan bahwa Allah Swt.. adalah Maha Adil.
E. Metode Pembelajaran :
1. Pendekatan : Scientific Learning
2. Model Pembelajaran : Discovery Learning (Pembelajaran Penemuan)
3. Metode pembelajaran : Ceramah Diskusi, Tanya jawab, Penugasan
Baca juga
Silabus Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Budi Pekerti Kelas X SMA/MA Revisi 2017Silabus Akidah Akhlak Kelas X Madrasah Aliyah (MA) Kurikulum 2013 Revisi 2017
Silabus Fikih Kelas 10 MA Kurikulum 2013 Revisi 2017
Perangkat Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) Kelas 10 MA Kurikulum 2013
Perangkat Pembelajaran Bahasa Arab Kelas 10 MA Kurikulum 2013
F. Media, Alat dan bahan Pembelajaran :
1. Media LCD projector,
2. Laptop,
3. Bahan Tayang
G. Sumber Belajar:
1. Al-Quran dan Terjemahnya
2. Buku Siswa dan buku Guru Mapel Akidah Akhlak MA. Kls X
3. Kamus Bahasa Arab
4. Internet
5. Buku-buku lain yang relevan
H. Langkah-langkah Pembelajaran
Pendahuluan/Kegiatan Awal
Kegiatan Inti
Kegiatan Penutup
I. Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
a. Sikap
- Penilaian Diri
- Penilaian Jurnal
- Penilaian Observasi
- Penilaian Teman Sebaya
b. Pengetahuan
- Tes Lisan
- Penugasan
- Tertulis Uraian dan atau Pilihan Ganda
c. Keterampilan
- Penilaian Portofolio
- Penilaian Proyek
- Penilaian Unjuk Kerja
�����, 16 Juli 2018
Mengetahui
Kepala Madrasah Aliyah Guru Mata Pelajaran
����������� �������������
NIP/NRK. NIP/NRK.
0 Response to "RPP Akidah Akhlak Kelas 10 Madrasah Aliyah (MA) Kurikulum 2013 Revisi 2017"
Posting Komentar